Rabu, 29 April 2015

Ringkasan/Resume Buku Filsafat Pendidikan Prof, Dr, H, Jalaluddin & Dr. Abdullah Idi, M. Ed

.

BAB I
PENDAHULUAN 1
Filsafat atau falsafat berasal dari kata Philore dan Shopia dari bahsa Yunani kuno. Philore berarti cinta dan Shopia berarti kebijaksanaan, kebaikan, kebenaran, cinta, hikmah. Filosof adalah orang yang mencintai hikmah dan berusaha mendapatkannya, memusatkan perhatian padanya dan menciptakan sikap positif terhadapnya. Juga mencari hakekat sesuatu, berusaha menautkansebab dan akibat serta berusaha melakukan penafsiran atas pengalaman-pemgaaman manusia.

BAB 2
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP BAHASAN FILSAFAT PENDIDIKAN
  1. A.    Pengertian Filsafat

1.      Menurut Imam Barnadib
Filsafat adalah pandangan yang menyeluruh dan sistematis. Menyeluruh karena filsafat bukan hanya sekedar pengetahuan melainkan juga suatu pandangan yang dapat menembus sampai di balik pengetahuan itu sendiri. Sistematis karena filsafat menggunakan berfikir secara sadar, teliti, teratur sesuai dengan hokum-hukum yang ada.
2.      Menurut Harun Nasution
Filsafat adalah berfikir menurut tata tertib (logika), bebas (tidak terikat pada tradisi, dogma,serta agama) dan dengan sedalam-dalamnyasehingga sampai ke dasar-dasar persoalan.

3.      Menurut Jujun S. Suriasumantri
Filsafat merupakan cara berfikir radikal, sistematis, menyeluruh dan mendasar untuk suatu permasalahan yang mendalam.
4.      Menurut Muhammad Noor Syam.
Filsafat merupakan lapangan pemikiran dan penyelidikan manusia yang amat luas (komprehensif). Meskipun kesimpulan-kesimpulan filsafat bersifat hakiki namun masih relative dan subjektif.
  1. B.     Pengertian Filsafat Pendidikan

1.      Menurut Al-Syaibany
Filsafat pendidikan adalah aktifitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat tersebut sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan.
2.      Menurut John Dewey
Filsafat pendidikan merupakan suatu pembentukan kemampuan dasar fundamental, baik yang menyangkut daya piker9intelektual) maupun perasaan (emosional) menuju kea rah tabi’at manusisa, maka filsafat juga bias diartikan teori umum pendidikan.
3.      Menurut Barnadib
Filsafat pendidikan adalah ilmu yang hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Sehingga filsafat pendidikan adalah aplikasi sesuatu analisa filosofis terhadap bidang pendidikan.
            Dalam hubungan antara filsafat dengan filsafat pendidikan, maka filsafat pendidikan memiliki batasan-batasan sbb:
1.      Filsafat pendidikan merupakan pelaksana pandangan filsafat dan kaidah filsafat dalam bidang pengalaman kemanusiaan yang disebut pendidikan
2.      Mempelajari filsafat pendidikan karena kajian tersebut sangat pendting dalam mengembangkan pandangan terhadap proses pendidikan dalam upaya memperbaiki keadaan pendidikan.
3.      Filsafat pendidikan memiliki kepercayaan, andaian, konsep yang terpadu satu dan yang lainnya terhadap masalah pendidikan.

  1. C.    Ruang Lingkup Bahasan Filsafat Dan Filsafat Pendidikan

-          Ruang lingkup filsafat pendidikan  secara umum adalah menjangkau seluruh permasalahan kehidupan manusia, alam semesta, dan alam sekitarnya
-          Ruang lingkup secara mikro
1.      Merumuskan secara tegas sifat hakikat pendidikan
2.      Merumuskan sifat hakikat manusia, sebagai subjek dan objek pendidikan
3.      Merumuskan dengan tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama da kebudayaan.
4.      Merumuskan hubungan filsafat, filsafat pendidikan dan teori pendidikan.
5.      Merumuskan hubungan antar filsafat Negara, filsafat pendidikan, politik pendidikan.
6.      Merumuskan system nilai norma dan isi moral pendidikan yang merupakan tujuan pendidikan.
-          Menurut Will Durant ruang lingkup studi filsafat adalah logika, estetika, etika, politik, metafisika.
Filsafat pendidikan memiliki beberapa sumber, sbb:
a.       Manusia
b.      Sekolah
c.       Lingkungan
  1. D.    Hubungan Filsafat  Dengan Filsafat Pendidikan

-          Hubungan antara filsafat denga filsafat pendidikan menjadi sangat penting sekali sebab ia menjadi dasar, arah dan pedoman suatu sistem pendidikan.
-          Filsafat pendidikan adalah aktivitas pemikiran teratur yang menjadikan filsafat sebagai medianya untuk menyusun proses pendidikan, menyelarasakan dan mengharmoniskan dan menerangkan nilai-nilai dan tujuan yang ingin dicapai. Jadi terdapat kesatuan utuh antara filsafat, filsafat pendidikan dan pengalaman manusia.
-          Tujuan pendidikan adalah tujuan filsafat, yaitu menuju kea rah kebijaksanaan. Oleh karena itu pendidikan adalah realisasi dari ide-ide filsafat, filsafat member asas kepastian bagi peranan pendidikan sebagai wadah pembinaan manusia yang telah melahirkan ilmu pendidikan, lembaga pendidikan, da aktivitas pendidikan. Jadi filsafat pendidikan adalah jiwa dan pedoman dasar pendidikan.

  1. E.     Hubungan Filsafat Pendidikan Dengan Program Fakultas Tarbiyah

-          Fakultas tarbiyah yang berkecimpung dalam masalah kependidikan dengan problematika-problematikanya maka keberadaan filsafat pendidikan tidak bias diabaikan dan karenanya perlu dipelajari mendalam dan diperdalami.
-          Karena fungsi filsafat dalam pendidikan sangat penting, maka fakultas tarbiyah sebagi fakultas yang mencetak atau memproduksi calon pendidik sehingga dalam fakultas tarbiyah mata kuliah filsafat pendidikan merupaka Mata kuliah dasar khusus yang wajib diikuti mahasiswanya. Hal ini sesuai dengan namanya tarbiyah yang berarti pendidikan maka mahasiswa fakultas tarbiyah diharapkan bisa menjadi calon pendidik yang mampu membantu dan memecahkan problematika yang ada dalan pendidikan islam.

-          Oleh karena itu filsafat pendidikan islam mempunyai hubungan erat dengan peranannya sebagai sumber idealism pada program pendidikan fakultas tarbiyah untuk menciptakan sarjana-sarjana pendidikan muslim yang sesuai dengan tujuan program fakultas tarbiyah.

Bersambung ....

Ringkasan/Resume Buku Filsafat Pendidikan Part 2
Ringkasan/Resume Buku Filsafat Pendidikan Part 3
Ringkasan/Resume Buku Filsafat Pendidikan Part 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar